5 GELOMBANG PERUBAHAN DUNIA

peta-kerajaan-aceh-tempo-dulu-ilustrasi-_120721200657-625

Sesungguhnya Allah Telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (At Thalaq : 3)

Rasulullah adalah pembangun peradaban yang paling ulung di dunia ini. Tentu saja, karena beliau langsung didik oleh Allah Sang Maha Mengetahui. Maka sebuah adab yang bias menghasilkan sebuah perubahan peradaban yang baik ialah mendidik diri kita secara Rabbani menurut tuntunan Allah dan Rasulnya.

Bangsa Arab berperan dalam kurun 100 tahun dalam memimpin perdapan Islam dan memimpin dunia dikala itu. Kemudian tongkat pemimpin peradaban Allah gulirkan kepada kaum Persia yang sudah ber Islam. Peradaban ini lebih besar daripada peradaban Islam yang dibangun bangsa Arab pasca wafatnya Rasulullah. Surutnya bangsa Persia setelah 150 tahun memimpin kemudian digantikan oleh bangsa India muslim. Dan pada masa inilah Islam berhasil sampai ke Nusantara, Indonesia Raya. Runtuhnya bangsa India maka  setelah itu tongkan pemengang peradaban dipegang oleh bangsa Turki, juga dengan Islam. Turki runtuh maka sejak tahun 1924 sampai sekarang inilah umat Islam telah kehilangn tongkatnya sebagai pemegang peradaban dunia.

Inilah tonggak awal perubahan DuniaDunia, bergulirnya zaman dalam perguliran kejayaan

إِنْ يَمْسَسْكُمْ قَرْحٌ فَقَدْ مَسَّ الْقَوْمَ قَرْحٌ مِثْلُهُ ۚ وَتِلْكَ الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهَا بَيْنَ النَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَيَتَّخِذَ مِنْكُمْ شُهَدَاءَ ۗ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الظَّالِمِينَ

140.  Jika kamu (pada perang Uhud) mendapat luka, Maka Sesungguhnya kaum (kafir) itupun (pada perang Badar) mendapat luka yang serupa. dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran); dan supaya Allah membedakan orang-orang yang beriman (dengan orang-orang kafir) supaya sebagian kamu dijadikan-Nya (gugur sebagai) syuhada. dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim, (Al-Imraan: 140)

Telah nampak perubahan atas perubahan ini. Setidaknya ada 5 gelombang perubahan besar yang sekarang tela terjadi. 5 gelombang perubahan dunia itu adalah :

1. West to East
2. Monopoli to Discussed
3. Black to Silver
4. Village to City
5.Technology to Inovasi

Dengan lima gelombang perubahan ini semakin mengisayaratkan bahwa Allah akan menggulirkan perdaban ke tangan Indonesia sebagai pemimpin peradaban dunia di masa mendatang dengan Islam. Amin, tentu saja ini adalah harapan kita semua sebagai mulim Indonesia. Untuk lebih jelasnya mengenai 5 gelombang perubahan dunia tersebut silahkan di simak pemaparan dari Ust. Jazir ASP. Dalam agenda yang diadakan oleh Jama’ah Salahuddin UGM di Majid  Kampus UGM.

Ustad Jazir ASP

Ustad Jazir ASP

Untuk rekaman kajian ini dalam bentuk mp3 silahkan klik :  Download

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s