TAFSIR DOA SELEPAS SHALAT FARDU (Ust. Sayyidi Baraqbah)

d. membaca“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan, kepadamu-Mu lah kembali segala keselamatan maka berikanlah kami hidup yang penuh keselamatan dan masukkanlah kami ke surgamu rumah yang penuh keselamayan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Paska kerasullan Muhammad Saw beliau jadi lebih sering mengunjungi Gua Hira yang terletak di bukit Jabal Nur,baik untuk menerima wahyu atau pun meluangkan waktunya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kala itu Rasulullah berusia 40 tahun maka istri tercintanya Khadijah berusia 55 tahun. Medan yang terjal dan bukit menjungkal ternyata tidak menjadi halangan yang berarti bagi seorang perempuan yang sudah mulai uzur usianya, dialah Khadijah satu dari empat perempuan yang termulia. Rasulullah pernah bersabda :

“Cukuplah bagimu empat perempuan terbaik di dunia, yaitu Maryam binti Imran, Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, dan Asiah, istri Fir’aun.” (HR Ahmad, Abdurrazaq, Tirmidzi, Ibnu Hibban, dan Hakim)

“Sebaik-baik wanita penduduk Surga adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah istri Fir’aun.”(HR. Ahmad)

Sungguh tulus cinta seorang Khaddijah ini, keikhlasannya tidak ada yang mampu menyamainya oleh istri-istri setelahnya bahkan Aisyah Ra sekalipun. Ibunda kita Khadijah senantiasa tanpa pernah telintas keluh kesah selalu mendaki terjalnya bukit hanya untuk mengantarkan makan bagi suami tercinta, tatkala Rasulullah berada di gua hira. Dia begitu sayang terhadap Rasulullah dan Rasulullah pun sangat sayang terhadapnya. Bahkan ketika Khadijah telah wafat, Rasulullah pernah bersabda menyanjung dengan bangga perihal istrinya itu:

“Dia (Khadijah) beriman kepadaku di saat orang-orang mengingkari. Ia membenarkanku di saat orang mendustakan. Dan ia membantuku dengan hartanya ketika orang-orang tiada mau”. (HR. Ahmad)

Sungguh mulia perempuan yang satu ini bahkan seolah tidak cukup dengan sanjuangan dari Nabi Saw untuk menjelaskan kemuliaannya maka Allah dan Jibril pun turut memuliakan Khadijah. Ketika itu Khadijah dalam perjalanan menaiki bukit Jabal Nur membawa masakannya untuk dipersembahkan kepada suami tercintanya, Rasulullah Saw di gua Hira.

Kemudian Jibril A.S. datang kepada Nabi SAW, dia berkata :”Wahai,

Rasulullah, inilah Khadijah telah datang membawa sebuah wadah berisi

kuah dan makanan atau minuman. Apabila dia datang kepadamu, sampaikan

salam kepadanya dari Tuhannya dan aku, dan beritahukan kepadanya tentang

sebuah rumah di syurga dari mutiara yang tiada keributan di dalamnya

dan tidak ada kepayahan.” [HR. Bukhari ]

Maka benar Khadijah tak lama kemudian tampak menemui Rasulullah dengan makanan di kedua belah tangannya. Dengan wajah berseri-seri segeralah Rasulullah menyambut hangat istrinya seraya menyampaikan salam dari Allah dan Jibril serta kabar gembira mengenai syurga untuk dirinya. Subhanallah, dan Rasulullah semakin kagum dibuatnya tatkala Khadijah menjawab dengan anggun kabar tersebut. Khadijah berkata :
ALLAHUMMA ANTASSALAM WAMINKASSALAM WA ILAIKA YA’UDUSSALAM FAHAYYINA ROBBANA BISSALAM WA ADKHILNALJANNATA DAROSSALAM TABA

“Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan, kepadamu-Mu lah kembali segala keselamatan maka berikanlah kami hidup yang penuh keselamatan dan masukkanlah kami ke surgamu rumah yang penuh keselamayan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan.”

Maka semenjak itulah Rasulullah menirukan kalimat Khadijah yang mulia ini menjadikannya sebagai Dzikirnya selepas shalat fardu untuk memuji Allah.

Untuk lebih jelasnya perihal doa ini tafsir dan asal usulnya silahkan saja klik : DOWNLOAD.mp3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s