TRAGEDI BI’R MA’UNAH

Ustad Salim A Fillah

Ustad Salim A Fillah

Tercatatlah sebuah cerita sejarah dengan darah, sebuah peristiwa tragis menimpa kaum muslimin. 70 shahabat pilihan yang merupakan para qurra’ (ahli membaca Al-Qur`an) yang  mulia serta dicintai oleh Rasulullah Saw. Di suatu titik peristiwa mereka dibantai dengan hanya menyisakan satu orang saja di tempat bernama Bi’r Ma’unah. Bi`r Ma’unah merupakan sebuah daerah yang terletak antara wilayah Bani ‘Amir dan kampung Bani Sulaim.

Hal ini bermula, atas permintaan Amir bin Malik dari penduduk Nejed beliau berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, seandainya engkau mengutus shahabat-shahabatmu kepada penduduk Najd untuk mengajak mereka kepada Islam, aku berharap mereka akan menyambutnya.” Maka dengan penuh kemuliaannya Rasulullah mengutus 70 orang untuk mengajarkan Islam di wilayahnya Amir bin Malik itu . Namun, sesampainya di Bir’u Maunah , beberapa kabilah dari bani Sulaim, seperti kabilah Ushayah , Ra’lu , Dzakwan tiba-tiba mengepung dan membunuh para pendakwah Islam itu .

قَنَتَرَسُوْلُاللهِصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَشَهْرًاحِيْنَقُتِلَالْقُرَّاءُ،فَمَارَأَيْتُرَسُوْلَاللهِصَلَّىاللهُعَلَيْهِوَسَلَّمَحَزِنَحُزْنًاقَطُّأَشَدَّمِنْهُ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam qunut selama satu bulan ketika para qurra` itu terbunuh. Dan aku belum pernah melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu berduka dibandingkan ketika kejadian tersebut.” (HR. Bukhari)

Belum luntur kesediahan beliau atas tragedi Ar-raji, di bulan yang sama terjadilah tragedi Bi’r Maunah yang lebih mengerikan ini. Peristiwa ini mengguratkan kesedihan yang mendalam pada diri Rasulullah Saw. Beliaupun mendoakan kejelekan kepada para pelakunya selama satu bulan penuh. Inilah awal mula adanya Qunut, namun tentu saja bukan seperti yang dipahami oleh masyarakat kebanyakan di mana dilakukan terus menerus setiap Shalat Shubuh.

Untuk lebih jelas lagi terkait peristiwa Bi’r Ma’unah, silahkan unduh kajian Majelis Jejak Nabi bersama Ustad Salim A Fillah dalam format mp3. Klik : DOWNLOAD TRAGEDI BI’R MA’UNAH.mp3

Tinggalkan komentar